ads

Sukses Menjadi Dropshiper dimasa Pandemi dengan Penghasilan 5jt-10jt Perbulannya di Marketplace hanya modal Handpone




Dropship adalah bisnis atau jualan yang di jalankan secara online yang pelakunya tanpa harus memiliki stok produk sendiri. Sedangkan dropshiper adalah pelaku pebisnis atau orang yang menjalankan dropship. Umumnya dalam berbisnis kita harus memiliki stok produk untuk dijual. Namun di bisnis dropship, tidak harus. Dropship ini bisa di katakan seperti seorang sales yang bekerja di sebuah perusahaan. Tugasnya hanyalah memasarkan produk saja yang sudah ada di perusahaan tersebut.


Perkembangan Bisnis dropship di indonesia

Perkembangan teknologi menjadi penyebab utama berkembangnya bisnis dropship di indonesia maupun di dunia. Dahulu kala sebelum era internet, sebenarnya dropship juga sudah ada, namun di lakukan secara offline, door to door. Anda bisa liat seorang sales yang menawarkan produk dari rumah ke rumah. Mungkin bisa di katakan dropship offline. Berkat teknologi internet yang maju, ternyata kita bisa memanfaatkan untuk berjualan lewat online.

Sebelum adanya marketplace, dropship sudah mulai berkembang di forum seperti kaskus. Banyak orang yang berjualan dengan dropship. Kita juga bisa lihat banyak success story para pemilik toko online di sana berawal dari dropship. Biasanya dropshipper bekerja sama juga dengan para penjual yang ada di kaskus. Ada forum khusus namanya subforum kerja sama bisnis, disana produsen bisa mengajak kerja sama sistem dropship. Namun sayang, di karena sering/marak terjadi penipuan, menyebabkan orang-orang mulai ragu berbelanja.

Sekarang, marketplace sudah mulai banyak berkembang. Sehingga para pelaku dropship berpindah ke marketplace. Karena marketplace memiliki sistem yang aman dan memiliki jumlah pengunjung sangat banyak. Tentu peluang untuk jualan laku semakin besar. Saat ini iklan marketplace sudah mendominasi berbagai platform, sehingga semakin banyak penungunjung di marketplace, bahkan sering terjadi overload kepenuhan pengunjung.

Selain marketplace, dropship juga banyak di lakukan di sosial media. Seperti facebook, twitter, instagram, line, bbm. Sebagian Dropshiper melakukan pemasaran melalui iklan berbayar seperti di facebook ads dan instagram ads. Meskipun ada juga penipuan terjadi, tetapi masih banyak juga orang yang belum kapok

Sistem dropship

Sistem dropship sangat sederhana. Sama halnya dalam sistem sales. Sebagai seorang sales, tentu anda harus bekerja sama dahulu dengan produsennya. Ada 3 orang yang terlibat disini. Yaitu adalah produsen, salesman dan konsumen.

Tugas anda sebagai sales adalah mencari customer dan menawarkan produk dari produsen. Ketika customer anda tertarik dan membeli dengan produk anda maka anda akan mendapatkan komisi/untung.


Cara kerja dropship

Dalam bisnis dropship, Anda bekerja sama dahulu dengan supplier. Setelah itu anda jualan secara online. Tugas anda sebagai dropshipper adalah mencari customer dan menawarkan produk dari supplier tadi. Anda bisa berjualan di tokopedia atau marketplace lainnya atau bisa juga di sosial media.

Ketika ada customer tertarik untuk membeli, ia akan menghubungi anda dan membeli produk anda. Ketika sudah closing (udah transfer), anda belikan produk yang di order ke toko supplier dengan menggunakan alamat customer + isi kolom dropship sesuai dg nama olshop anda. Maka supplier akan kirim barangnya ke alamat customer tersebut + menggunakan olshop anda.

Keuntungan dropship

Bisnis dropship, untungnya dari mana? Nah mungkin ini juga menjadi pertanyaan anda jika masih pemula. Dalam bisnis online dropship, biasanya margin tidak di tentukan alias bebas mau mengambil berapa saja. Namun sebagian ada juga yang di tetapkan. Hal ini bergantung dari masing-masing supplier.

Supplier yang berada di marketplace biasanya memberikan harga terendah. Anda bisa memfilternya dengan pencarian berdasarkan harga termurah. Supplier dengan harga termurah, disitulah anda bisa bekerja sama. Anda jual dengan harga yang  lebih kurang di pasang orang-orang saat berjualan. Jadinya anda akan dapat keuntungan dan tidak terlalu tinggi. Mudah bersaing dan mudah mendapatkan customer baru..

Margin memang tidak ada patokannya. Sebagai referensi saja jika anda berjualan di marketplace, mulailah dari margin yang kecil, misalnya 10% dahulu, seiring berjalannya waktu anda bisa naikkan lagi. Karena pertama-tama jualan dimarketplace anda harus bangun reputasi dahulu, agar kedepannya lebih mudah jualan, laris tanpa ribet!

Bagaimana dropshipper bisa meraup keuntungan yang sangat banyak? Bahkan hingga milyaran rupiah?

  1. Cari atau tentukan Reseller yanag tepat dengan kriteria : cepat respon, pengiriman cepat dan peacking baik
  2. Fokus pada tampilan visual pada toko online anda  baik itu tokopedia, bukalapak, Lazada dan Shopee. Foto produk anda harus berbeda dengan reseller anda dengan mengedit terlebih dulu seblum di upload berikan bingkai atau watermark nama toko anda.
  3. Cari video yang berkaitan produk anda untuk diupload pada marketplace anda sehingga lebih menarik calon costumer yang nantinya akan belanja di toko anda
  4. Menaikkan harga dari harga reseller dengan sewajarnya sekitar 10%
  5. Menggunakan fitur harga coret, akan lebih menarik perhatian calon constumer.
  6. Melakukan optoimasi dengan cara ber iklan di marketplace
Rumus Hitung-hitungan dengan beriklan

1000 kali tampil      1   pembeli
10.000 kali tampil   10 pembeli

tiap produk ke untungan 25.000

25.000 x 10 pembeli 1 hari = 250.000 / hari
dalam 1 bulan

250.000 x 30 = 7.500.000


Bagaimana ? anda tak perlu stok barang dan packing cukup menggunakan Hp anda bisa menghasilkan 7jt dalam 1 bulan 

Semoga ini bermanfaat untuk anda

jangan lupa untuk share keteman anda



Belum ada Komentar untuk "Sukses Menjadi Dropshiper dimasa Pandemi dengan Penghasilan 5jt-10jt Perbulannya di Marketplace hanya modal Handpone "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel